Biaya Desain Jasa Arsitek Yang Harus Anda Ketahui

Ketika Anda akan membangun sesuatu, baik itu rumah, gedung, kantor, maupun bangunan lainnya, pasti dibutuhkan perencanaan – perencanaan yang sangat matang. Hal itu agar tercipta bangunan yang sesuai dengan keinginan Anda, dengan tetap memperhatikan kenyamanan, kegunaan dan estetikanya. Sudah sering dibahas di artikel sebelumnya bahwa menggunakan jasa arsitek sangat penting dalam mewujudkan bangunan impian Anda. Jasa tersebut diperlukan untuk membantu menyelesaikan masalah dalam proses pendirian sebuah bangunan.

Di Indonesia, ada dua macam cara menentukan besaran biaya desain (design fee). Cara pertama adalah dihitung per meter persegi. Cara ini merupakan yang paling sering digunakan di Indonesia. Cara lainnya adalah dihitung berdasarkan persentase dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) total bangunan. Mari kita telaah keduanya.

Cara pertama dengan menghitung per meter persegi

Kisaran biaya desain untuk jasa arsitek per meter perseginya adalah sekitar 100 ribu bahkan kurang hingga 1 juta rupiah per meternya. Perbedaan harga ini tergantung pada pengalaman dan skill dari masing-masing arsitek. Jadi, semakin berpengalaman, harganya juga akan semakin mahal. Anda harus cukup berhati-hati dalam memilih arsitek untuk urusan harga. Jangan sekedar memilih yang termurah, tetapi banyak fasilitas yang dikurangi dan dikerjakan secara tidak profesional.

Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah arsitek tidak akan membuat klien proyek boros karena biaya desain per meter sudah fix di awal dan pemilik proyek juga bisa lebih mudah menghitung serta memperkirakan berapa biaya desain yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

Cara kedua dengan menghitung persentase

Persentase fee desain arsitek berbeda-beda, tergantung pada kategori bangunan yang dikerjakan.

Contoh dari perhitungan fee dengan cara pertama ini adalah jik biaya bangunan yang dikerjakan adalah 2 milyar dengan kategori bangunan 1, biaya desain untuk arsitek adalah 2.5 % dari biaya bangunan, yaitu  50 juta rupiah. Anda tidak perlu khawatir harus langsung membayarnya kepada arsitek, biaya desain untuk arsitek tersebut tidak sekaligus dibayarkan di awal pengerjaan, tetapi dibagi dalam beberapa tahap dengan persentase tertentu pada tiap tahapannya.

Pada perhitungan fee jasa arsitek, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan juga. Hal tersebut adalah bangunan khusus, bangunan sosial, bangunan kategori 1, bangunan kategori 2 dan bangunan kategori 3. Mari simak keseluruhannya. Bangunan khusus adalah bangunan yang dimiliki, digunakan, dan dibiayai oleh pemerintah sesuai dengan yang tercantum pada Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara. Bangunan sosial adalah bangunan yang bersifat non komersial. Apa saja contohnya? Yaitu, masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya. Selain itu juga terdapat rumah penampungan yatim piatu, bangunan pelayanan masyarakat dan lainnya. Nah, untuk bangunan ini luas maksimumnya adalah 36 meter persegi. Bangunan kategori 1 memiliki karakter yang sederhana dengan kompleksitas dan tingkat kesulitan yang rendah. Contoh dari tipe ini adalah asrama, hotel, bengkel, gudang, bangunan tidak bertingkat dan tempat parkir. Untuk bangunan kategori 2, memiliki karakter, kompleksitas dan tingkat kesulitan yang rata-rata. Contoh tipe hunian ini adalah apartemen, gardu pembangkit listrik, pasar, perkantoran, klinik, sekolah dan masih banyak contoh lainnya. Sedangkan untuk bangunan kategori 3, memiliki karakter khusus dengan kompleksitas dan tingkat kesulitan yang tinggi. Contoh hunian tipe ini adalah rumah tinggal pribadi, bandara, hotel, galeri, museum, rumah sakit, gereja, masjid, kantor lembaga tinggi negara dan bangunan lainnya.

Keunggulan dari metode pembayaran persentase adalah pemilik proyek bisa langsung “terima jadi” dan langsung membayar di akhir saat biaya bangunan telah diketahui jumlahnya. Namun, metode ini mempunyai kekurangan yaitu biaya pembangunan bisa saja membesar di akhir karena tidak ada biaya yang fix di awal. Demikian artikel yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mencari jasa arsitek yang profesional, Anda bisa mengeceknya di laman website https://rumahklasik.com.

Author: